Friday, April 18, 2014

Cara Membuat Database Di Microsoft Office Access 2007

http://gampinganmega.blogspot.com
How To Make Databases With Microsoft Office Access 2007 - Microsoft Office Access 2007 adalah perangkat lunak keluaran dari Microsoft yang memiliki fungsi untuk mengolah database. Database sendiri adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

   Langsung saja, disini Saya akan menjelaskan sedikit cara mengenai bagaimana cara membuat basis data atau database menggunakan Microsoft Office Access 2007.

Berikut ini langkah-langkahnya :

1. Buka aplikasi microsoft office access 2007, Setelah dibuka maka akan muncul jendela seperti berikut :


2. Pilih Blank Database
3. Selanjutnya beri nama file tersebut di sebelah kanan, disini saya akan memberi nama daftar_siswa. Jika ingin menyimpan di folder yang anda inginkan, klik icon folder yang ada tepat di samping kolom nama.
4. Klik Create, dan akan muncul jendela seperti berikut :


5. Disinilah tempat kita mengerjakan dan membuat database. Klik kanan pada proyek yang akan kita buat. Maka akan muncul beberapa menu.


6. Klik design view untuk mengatur desain databasenya.
7. Maka jendela kerja akan berubah seperti berikut :


8. Pada kolom pertama, untuk field name Ganti “ID” dengan “NO” ( Nomor ). Untuk data type pilih AutoNumber. Dan klik icon primary key di tab Design ( icon gambar kunci berwarna emas )

9. Untuk kolom kedua isikan dengan NAMA. Untuk tipe datanya pilih text.
10. Kolom ketiga isikan dengan KELAS. Tipe datanya pilih lookup wizard.


Lalu pilih “I wil type in the values that I want.” Dan klik next


11. Lalu akan muncul jendela seperti berikut


Kolom pertama isi dengan X
Kolom kedua isi dengan XI
Kolom ketiga isi dengan XII
Sehingga menjadi seperti ini :


lalu klik finish.
12. Coba anda klik kanan pada proyek anda dan klik open. Maka di kolom KELAS akan menjadi seperti ini


Terdapat pilihan X, XI dan XII.

13. Ke design view lagi. Isikan kolom ke empat dengan JURUSAN. Tipe datanya pilih lookup wizard, caranya sama seperti pada kolom kelas. Isi kolom pertama dengan AK, kedua dengan ADP, ketiga dengan TKR, keempat dengan TSM dan kelima dengan TKJ, klik finish. Open proyek, dan hasilnya akan seperti ini


14. Sekarang kita tinggal mengisi data ke tabel. Untuk nomor sudah otomatis terisi dan urut dengan sendirinya, karena tadi pada waktu di design view kita sudah mengklik icon primary key. Fungsi dari primary key sendiri adalah untuk mengunci tabel agar isi dari tabel tidak mudah untuk di otak-atik dan memungkinkan untuk mengisi dan mengurutkan isi dari tabel secara otomatis.
15. Disini saya mengisi tabel dengan data sebagai berikut :



Oke, Sudah selesai. Sekarang tinggal anda yang mencoba. Semoga berhasil.
Load disqus comments

0 comments